Selasa, 20 November 2018

BAB I / Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia

A. Sebelum Mengenal Tulisan

Kehidupan saat ini sering disebut sebagai era modern, yaitu era kehidupan manusia yang ditunjang berbagai alat modern. Penggunaan cobek yang terbuat dari batu menunjukkan pewarisan kebudayaan masa praaksara. Kebudayaan ini masih tetap berkembang hingga saat ini karena kehidupan manusia mengalami keberlanjutan. 

1. Masa Praaksara

Banyak anggapan yang menyatakan bahwa kebudayaan manusia diawali dari keberadaan tulisan. Anggapan ini berdasarkan pada penemuan bukti-bukti arkeologis yang menunjukan tulisan sebagai wujud eksistensi manusia. Meskipun manusia pada masa praaksara belum mengenal tulisan, mereka mampu menghasilkan produk-produk kebudayaan dari bahan batu, tanah liat, dan logam. Kemampuan tersebut tidak mereka peroleh dengan membaca buku panduan, tetapi melalui pengalaman belajar. Mereka memperoleh pengetahuan dan kemampuan tersebut dari melihat, mengamati, meniru, dan membuat peralatan tersebut.
Istilah praaksara berasal dari kata "pra" yang berarti sebelum dan "aksara" yang berarti tulisan. Jadi, masa praaksara berarti masa ketika manusia belum mengenal tulisan.

2. Berakhirnya Masa Praaksara

Seperti halnya periode awal masa praaksara, para ahli juga belum dapat memastikan periode akhir masa praaksara. Ketidakpastian ini terjadi karena akhir masa praaksara disetiap tempat berbeda. Para ahli memperkirakan masyarakat Indonesia mengakhiri masa praaksara sekira abad IV-V Masehi. Bukti berakhirnya masa praaksara di Indonesia adalah penemuan prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur.

3. Arti Penting Sejarah Kehidupan Masa Praaksara

a. Mengetahui Asal Usul Nenek Moyang Suatu Bangsa
Bangsa yang besar tentu memiliki akar sejarah panjang. Semakin panjang sejarah sebuah bangsa, semakin besar pula penghargaan bangsa terhadap sejarahnya. Bangsa Indonesia termasuk bangsa yang besar. Sejarah bangsa Indonesia dimulai sejak masa praaksara. Oleh karena itu, masa praaksara merupakan periode penting dalam sejarah bangsa Indonesia.
b. Memahami Proses Kemunculan Manusia Modern

Perbedaan fisik yang ada pada berbagai manusia modern merupakan hasil adaptasi terhadap kondisi geografis disekitarnya. Pengetahuan ini menghapuskan pandangan lama yang menganggap bahwa setiap bangsa memiliki tingkat evolusi berbeda.
c. Meneladan Kearifan Masyarakat pada Masa Praaksara

  1. Cara adaptasi terhadap ketidakpastian kondisi alam
  2. Peduli terhadap alam dan lingkungan
  3. Selektif terhadap budaya asing
  4. Hubungan sosial yang harmonis 

1 komentar:

Struktur atom, Model atom, Teori atom dan Bentuk atom

Struktur atom –  merupakan satuan terkecil dalam materi baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembe...