Sabtu, 01 Desember 2018

BAB I / Iman Kepada Allah swt.

>> Beriman kepada Allah swt
Iman secara bahasa berarti percaya. Sementara itu, iman secara istilah adalah keyakinan atau pembenaran dalam hati, diucapkan dalam perkataan (lisan), dan diamalkan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan, dan berkurang dengan melakukan kemaksiatan.
Allah swt. berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ مِن قَبۡلُۚ وَمَن يَكۡفُرۡ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَٰلَۢا بَعِيدًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Alquran) yang diturunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh." (Q.S. An Nisa : 136)

Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah swt. memerintahkan orang-orang yang beriman untuk mengimani Allah swt. malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian. Oleh karena itu, iman kepada Allah swt. dapat diartikan meyakini dalam hati akan adanya Allah swt. yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya, dan dibenarkan dengan ucapan lisan, serta menunjukan amal atau perbuatan yang mencerminkan keimanan terhadap Allah swt.

>>Asmaul Husna
Secara bahasa asmaul husna terdiri dari dua kata, yaitu 'asma' yang berarti nama-nama, dan 'husna' yang berarti baik atau indah. Adapun secara istilah berarti nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah swt. sebagai bukti keagungan dan kesempurnaan-Nya.

>>Macam-macam Asmaul Husna
1. Al Karim
Secara bahasa berarti Yang Mahamulia, Yang Maha Dermawan, atau Yang Maha Pemurah. Sedangkan secara istilah berarti Yang Mahamulia lagi Maha Pemurah yang memberi anugerah atau rezeki kepada semua makhluk-Nya. Selain itu, nama Al Karim menunjukkan kesempurnaan dan kemuliaan Allah swt. dalam zat, sifat, serta perbuatan-Nya.
2. Al Mu'min
Al Mu'min berasal dari kata amina yang berarti pembenaran, ketenangan hati, dan aman. Sedangkan secara istilah, Al Mu'min berarti Allah swt. Maha Pemberi Rasa Aman kepada semua makhluk-Nya, terutama kepada manusia. Keamanan merupakan kebutuhan penting bagi manusia.
3. Al Wakil 

Al Wakil dalam bahasa Arab berasal dari kata wakala yang artinya mewakili atau memelihara. Jadi yang dimaksud Al Wakil adalah Allah swt. yang memelihara dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Allah swt. menyelesaikan segala sesuatu yang diserahkan hamba-Nya tanpa membiarkan apa pun terbengkalai.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Struktur atom, Model atom, Teori atom dan Bentuk atom

Struktur atom –  merupakan satuan terkecil dalam materi baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembe...