Sabtu, 08 Desember 2018

Teks Laporan Hasil Observasi

1. Memahami Pengertian, Struktur Isi, dan Ciri kebahasa Teks Laporan Hasil Observasi

1.1 Pengertian Teks Laporan Observasi
    Teks observasi adalah teks yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, fenomena sosial, dan fenomena alam secara apa adanya berdasarkan klasifikasi berjenjang antara kelas dan subkelas yang ada didalamnya. 
    Tujuan teks laporan observasi adalah untuk menyampaikan informasi tentang klasifikasi mengenai jenis jenis sesuatu secara apa adanya dan berdasarkan kriteria tertentu sebagai hasil pengamatan atau hasil analisis secara sistematis.

1.2 Struktur isi dan Ciri Teks Hasil Observasi
1. PEMBUKA: berupa pernyataan umum yang berisi sekurang-kurangnya ada 2 hal sbb:

  • Definisi tentang objek (bidang pekerjaan, hasil karya, gejala sosial, hewan, benda, gejala alam) yang akan dilaporkan. Definisi adalah kalimat yang mengungkapkan rumusan tentang makna, keterangan, atau ciri utama suatu konsep, benda, proses, atau aktivitas. Kalimat definisi sering menggunakan verba relasional (penghubung) seperti: ialah, yaitu, yakin, adlah, merupakan, termasuk, digolongkan, terdiri atas, meliputi dan disebut.
  • Klasifikasi, yaitu pernyataan yang memuat dasar klasifikasi dan jumlah anggota/aspek dari objek yang dilaporkan.
  • Tidak jarang pernyataan umum diawali dengan pemosisian objek.
2. ANGGOTA/ASPEK YANG DILAPORKAN atau DESKRIPSI BAGIAN yang berisi uraian secara detail tentang bagian-bagian atau anggota/aspek dari objek yang dilaporkan. Deskripsi bagian harus urut dan lengkap sesuai dengan urutan pernyataan klasifikasi. Deskripsi masing-masing anggota/aspek dapat berupa deskripsi ciri/karakteristik fisik, perilaku, lingkungan dan fungsi/manfaat.

Karakteristik / ciri struktur laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:

  • Berisi fakta tentang suatu objek (tema) tunggal.
  • Informasi yang disajikan merupakan hasil observasi yang sudah terbukti kebenarannya, tidak terdapat hal-hal yang menyimpang, dan tidak ada pemihakan ataupun prasangka.
  • Tiap informasi disajikan secara urut dan berjenjang antara kelas dan subkelas.
  • Tidak ada penutup atau kesimpulan dari penulis.
2.1 Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

  • Menggunakan verba relasional (penghubung): ialah, adalah, merupakan, termasuk, digolongkan, terdiri atas, meliputi, atau disebut, dsb.
  • Menggunakan verba aktif dalam menjelaskan prilaku, misalnya hidup, berenang, makan dsb.
  • Menggunakan kata/frasa nominan yang diikuti penjenis dan pendeskripsi yang sama-sama berfungsi menjelaskan, bedanya: Fakta penjenis memberi penjelasan yang berperan mengklasifikasikan nomina/frasa nomina (objek laporan), sedangkan Fakta pendeskripsi memberikan penjelasan yang berperan mendeskripsikan sifat-sifat nomina/frasa nomina (objek yang dilaporkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Struktur atom, Model atom, Teori atom dan Bentuk atom

Struktur atom –  merupakan satuan terkecil dalam materi baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembe...