Rabu, 05 Desember 2018

BAB I / Permainan Bola Besar dan Bola Kecil

A. PERMAINAN BOLA BESAR
    Permainan bola besar adalah suatu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan bola berdiameter lebih dari 50 cm. Terdapat banyak macam olahraga yang menggunakan bola berukuran besar, misalnya sepak bola, bola voli, bola basket, atau futsal. Tujuannya untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan untuk membangun kepribadian diri lebih baik.

1. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Sepak Bola
    Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim beranggotakan 11 pemain. Permainan ini bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mencegah tim lain untuk mencetak gol. Berikut beberapa variasi dalam permainan sepak bola.

a. Variasi mengumpan bola
    Mengumpan adalah teknik mengoper atau memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Teknik ini sangat perlu dikuasai oleh pemain agar pola permainan yang diiinginkan bisa berhasil baik dalam menyerang maupun bertahan. Secara umum, ada tiga jenis mengumpan, yaitu mengumpan dengan kaki bagian dalam, mengumpan dengan kaki bagian luar, dan mengumpan dengan punggung kaki.
b. Variasi menghentikan/mengontrol bola
    Teknik mengontrol bola dalam permainan sepak bola adalah teknik menghentikan bola agar bola dapat dikuasai dengan sempurna dan untuk menjaga bola secara penuh agar tidak dapat direbut oleh lawan. 
c. Variasi menggiring bola
    Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ketempat lain atau digiring mendekati gawang lawan agar bola tidak direbut oleh lawan. Prinsip menggiring bola adalah bola selalu dekat dengan penggiring bola dan jauh dari lawan.
d. Variasi menembak bola ke gawang
    Menembak ke gawang adalah salah satu cara untuk mencetak gol ke gawang lawan yang biasanya dilakukan oleh pemain depan atau pemain tengah. Menembak ke gawang (shooting) dapat dilakukan dengan beberapa macam, diantaranya. 

  1. Menembak bola dengan kaki bagian dalam
  2. Menembak bola menggunakan punggung kaki
e. Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Sepak Bola


  1. Menendang/mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki dengan arah bola datar dan melambung.
  2. Menendang/mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki secara langsung dengan arah bola datar, melambung, dan melengkung melewati tengah gawang atau atas gawang.
  3. Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan gerak dasar menghentikan bola.
  4. Pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar menggiring bola.

B. PERMAINAN BOLA KECIL
    Permainan bola kecil adalah sebuah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil, dlam pelaksanaannya permainan ini menggunakan alat pendukung seperti raket, tongkat dan bet. Permainan bola kecil ada beberapa macam, antara lain kasti, bulu tangkis, tenis meja, softball dll.

1. Permainan Softball
    Softball ialah permainan bola kecil nomor beregu. Setiap regunya terdiri atas sembilan orang pemain. Adapun gerak spesifik dalam permainan softball yaitu sebagai berikut.
a. Perlengkapan Permainan Softball
    Berikut beberapa perlengkapan dalam permainan softball.

    1. Lapangan permainan softball. Berbentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 60ft atau 18,30 m. Untuk putra dan putri sama, bedanya hanya pada arak pitcher plate ke home base, untuk putra 46ft (14,03 m) untuk putri 40ft (12,2 m).
    2. Home plate. Berbentuk segi lima dan terbuat dari karet.
    3. Base. Base 1, 2, 3 berbentuk bujur sangkar dan terbuat dari karet.
    4. Glove (Sarung Tangan). Terbuat dari kulit, dipakai oleh pemain penjaga. Semua pemain lapangan memakai glove. 
    5. Bola. Terbuat dari kulit, di dalamnya campuran gabus dan karet dengan berat 190 gram.
    6. Stick/alat pemukul
    7. Pakaian
b. Variasi keterampilan gerak dalam softball


  1. Cara memegang stick/pemukul. Dipegang dengan kedua tangan secara kuat dan tidak kaku. Pegangan dapat di bagian bawah, tengah atau bagian atas area pegangan stick.
  2. Melempar dan menangkap bola
  3. Menangkap bola rendah atau bola bergulir di tanah
  4. Lemparan sajian (pitching)
  5. Base running (lari antar-base)
  6. Sliding. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Struktur atom, Model atom, Teori atom dan Bentuk atom

Struktur atom –  merupakan satuan terkecil dalam materi baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembe...